082133362222

Wisata kuliner menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi sebagian wisatawan. Banyak wisatawan yang menyempatkan waktu mereka untuk berburu kuliner khas Yogyakarta. Bagi mereka yang menyukai makanan pedas dan unik maka bisa mencoba makanan khas Yogyakarta yaitu Oseng Mercon.  Makan ini sangat terkenal dengan rasanya yang pedas. Jika tertarik untuk mencicipnya wisatawan bisa datang ke Warung Oseng Mercon Bu Narti, di tempat ini pengunjung bisa memesan makanan yang disukai oleh masyarakat Yogyakarta dan juga para wisatawan yang gemar makanan pedas. Sesuai dengan namanya, Oseng-oseng Mercon, menu makanan ini akan “meledakkan” lidah Anda saat mencicipinya bahkan mampu membuat Anda serasa tersambar “halilintar”.

Oseng-oseng dalam istilah Jawa merupakan sebutan untuk masakan yang ditumis, sedangkan mercon berarti petasan. Namun oseng mercon bukanlah petasan yang di tumis tetapi sebuah masakan yang terbuat dari kikil, gajih, dan tulang muda yang ditumis dengan aneka macam bumbu. Istilah mercon hadir karena cita rasa yang pedas di makanan ini sehingga saat memakannya seperti ada yang meledak di dalam mulut seperti petasan yang meledak. Nama makanan ini sendiri merupakan pemberian dari budayawan Cak Nun. Konon sejak  warung ini berdiri, beliau sering singgah bersama istri dan rekan-rekannya untuk mencicipi kuliner yang eksotik ini. Karena rasanya yang sangat pedas, Cak Nun lantas memberikan nama mercon pada oseng-oseng buatan Bu Narti.

Warung Bu Narti selalu dipadati pembeli dari berbagai tempat meski hanya menyediakan menu makanan dengan rasa yang super pedas. Bahkan banyak pengunjung yang berasal dari luar kota yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati kelezatan makanan ini. Selain Oseng-oseng Mercon, di Warung Bu Narti juga tersedia oseng-oseng lainnya yaitu  Oseng-oseng  Bledeg atau Halilintar. Pada dasarnya oseng-oseng halilintar ini ini sama dengan oseng-oseng mercon, yang membedakan hanyalah level kepedasannya yang mana oseng-oseng halilintar jauh lebih pedas. Dengan komposisi cabai yang baik Oseng-oseng Mercon maupun Oseng-oseng Halilintar tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan karena ditakutkan akan terkena masalah pencernaan. Namun jika Anda menyukai makanan pedas maka menikmati sepiring nasi hangat dengan oseng mercon yang lezat ditemani segelas es teh atau teh panas akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan saat berada di Yogyakarta.

Lokasi:

Warung Bu Narti berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262. Bagi yang ingin wisata jogja murah bisa datang ke warung tersebut.

Tips:

  1. Tidak dianjurkan bagi yang mempunyai masalah pencernaan.
  2. Makanan ini sangat pedas, persiapkan diri Anda sebaik mungkin.
  3. Jangan memaksa memakan semua jika sudah tidak mampu

 

Call Simpati
Whatsapp