082133362222

Parangtritis merupakan pantai yang menjadi bagian yang tidak terpisakan dari Yogyakarta bahkan ada istilah belum ke Jogja jika belum ke Parangtritis. Keindahan dari pantai ini memang tidak pernah ada habisnya.  Banyak wisatawan yang tidak tahu kalau sebenarnya terdapat beberapa objek wisata lainnya yang berada di kawasan ini antara lain Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok dan masih banyak lagi objek-objek wisata menarik yang masih dalam kawasan Parangtritis. Objek-objek wisata tersebut saat ini menjadi alternative wisata bagi wisatawan yang datang ke Jogja.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Objek wisata yang pertama adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir sendiri merupakan sebuah bukit yang dipenuhi oleh material pasir. Fenomena alam yang berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu ini menciptakan sebuah tempat berupa bukit berpasir. Pasir-pasir ini merupakan material yang berasal dari Gunung Merapi yang mengalir hingga hulu hingga muara Sungai Opak yang kemudian menggendap. Pada akhirnya endapan pasir tersebut tertiup angina yang berasal dari  pantai secara terus menerus dan terciptalah gumuk pasir ini. Gumuk pasir Parangkusumo merupakan objek wisata baru yang dikembangkan oleh pemda dan masyarakat setempat. Tempat ini mirip dengan gurun pasir di Timur Tengah sehingga pengunjung tidak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah tersebut untuk melihat gurun pasir, cukup datang ke tempat ini. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati suasana ala gurun pasir dan jika ingin mencoba kegiatan ekstrim bisa mencoba berseluncur dari puncak bukit pasir menuju ke lembahnya.

Pantai Depok

Objek wsaiata selanjutnya adalah Pantai Depok. Pantai yang lokasinya berdekatan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo. Pantai Depok ini adalah kawasan yang dikembangkan sebagai pusat kuliner masakan khas laut di Kabupaten Bantul. Di pantai ini tersedia berbagai macam makanan ala laut seperti berbagai macam ikan, kerang, cumi, dan makanan laut lainnya. Semua makanan tersebut dapat dibeli oleh para wisatawan dan bisa menyantapnya bersama pasangan, keluarga atau rekan kerja. Setelah membeli ikan yang diinginkan, pengunjung dapat menunggu pesanannya matang sembari menikmati pemandangan alam di pinggir pantai. Di kawasan ini pengunjung dapat duduk santai sambil melihat perahu-perahu tradisional para nelayan yang bersandar di pinggir pantai, atau memandang deburan ombak samudera sembari menikmati angina pantai yang menyejukkan. Setelah matang, pengunjung dapat menyantap hidangan yang lezat tersebut mereka secara lesehan di tempat-tempat yang telah disediakan oleh penggelola pantai ini.

Demikan tempat wisata yang ada di kawasan Parangtritis. Masih banyak lagi objek wisata lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan.

Call Simpati
Whatsapp